Kegiatan Germas di Alun-alun Bung Karno Ungaran
Upacara Memperingati HUT RI ke 72

DAFTAR ISI

28 September 2017
26 January 2015
26 January 2015

Agenda-Dinkes

September 2017
S M T W T F S
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
October 2017
S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31
November 2017
S M T W T F S
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30

Struktur Organisasi Dinas Kesehatan Kab. Semarang

TUPOKSI

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN SEMARANG

A.  KEPALA

1.   TUGAS POKOK : 

Melaksanakan urusan pemerintahan Daerah dibidang Kesehatan.

2.   FUNGSI:

a.    Perumusan kebijakan teknis dibidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan dan sumber daya kesehatan;

b.    Penyelenggaraan urusan pemerintahan  bidang kesehatan;

c.    Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan dan sumber daya kesehatan dan;

d.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.

3.   RINCIAN TUGAS :

a.    Merumuskan program kerja dan anggaran Dinas Kesehatan;

b.    Merumuskan kebijakan dibidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan dan sumber daya kesehatan;

c.    Menetapkan kebijakan teknis dibidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan dan sumber daya kesehatan;

d.    Melaksanakan penerapan dan pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM)  sesuai bidangnya;

e.    Membagi  tugas bawahan sesuai bidang tugasnya dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan operasional Dinas;

f.     Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait agar diperoleh hasil kerja yang optimal;

g.    Menyelenggarakan kegiatan dibidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan dan sumber daya kesehatan;

h.    Menyelenggarakan kesekretariatan Dinas;

i.      Menyelenggarakan pengelolaan Unit Pelaksana Teknis Dinas;

j.      Melaksanakan monitoring dan  evaluasi kegiatan Dinas;

k.    Menyampaikan laporan  pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Dinas;

l.      Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

m.   Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

B.  SEKRETARIAT

1.   TUGAS POKOK:

Melaksanakan sebagian tugas Dinas Kesehatan disubbagperencanaan dan keuangan, umum dan kepegawaian.

2.   FUNGSI :

a.    Pengelolaan administrasi umum, kepegawaian dan rumah tangga Dinas;

b.    Pengelolaan administrasi perencanaan dan keuangan Dinas;

c.    Melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Dinas;

3.   RINCIAN TUGAS :

a.    Menyusun program kerja dan anggaran  Sekretariat berdasarkan rangkuman rencana kerja Subbagian-Subbagian;

b.    Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya, dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

c.    Mengoordinasikan penyusunan program kerja Dinas;

d.    Mengoordinasikan penyusunan rencana kerja dan anggaran dengan seluruh Bidang di lingkungan Dinas;

e.    Menyelenggarakan kegiatan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, kearsipan, perpustakaan, perlengkapan rumah tangga Dinas sesuai ketentuan yang berlaku;

f.     Mengoordinasikan penyusunan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Dinas;

g.    Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kesekretariatan;

h.    Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Sekretariat;

i.      Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

j.      Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

C.  SUBBAGIAN PERENCANAAN DAN KEUANGAN

1.   TUGAS POKOK :

a.    Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang perencanaan Dinas.

b.    Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang pengelolaan administrasi keuangan.

2.   RINCIAN TUGAS :

a.    Menyusun program kerja dan anggaran Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan;

b.    Membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

c.    Menyusun Rencana Strategis Dinas sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

d.    Menghimpun dan mengoreksi bahan usulan program kegiatan dari masing-masing bidang, seksi dan sub bagian sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

e.    Menyusun dan menetapkan target pendapatan UPTD;

f.     Menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja ( RKPD ) Penetapan dan Renja Kerja ( RKPD ) Perubahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

g.    Menyiapkan bahan penyusunan KUA dan PPAS serta KUPA dan PPASP sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

h.    Menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran ( RKA ) Penetapan dan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Perubahan ( RKAP) sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

i.      Menyiapkan bahan penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran ( DPA ) dan penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Perubahan ( DPAP ) sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

j.      Menyiapkan bahan proses pencairan dana dan pengelolaan administrasi keuangan di lingkungan Dinas;

k.    Melaksanakan pengendalian dan verifikasi serta pelaporan administrasi keuangan di lingkungan Dinas;

l.      Menyusun Laporan pertanggungjawaban Pajak;

m.   Menyusun Laporan Kinerja Instansi Pemerintah sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

n.    Menyusun Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

o.    Menyusun Laporan Keterangan Pertanggungjawaban sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

p.    Menyusun Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

q.    Melaksanakan inventarisasi barang kekayaan Dinas untuk tertib administrasi serta melaksanakan pemeliharaan barang inventaris agar dapat digunakan dengan optimal;

r.     Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program Dinas;

s.    Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan;

t.      Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan;

u.    Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas;

v.    Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

D.  SUBBAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

1.   TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang administrasi umum dan administrasi kepegawaian.

2.   RINCIAN TUGAS :

a.    Menyusun program kerja dan anggaran Subbagian Umum Dan Kepegawaian ;

b.    Membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

c.    Menyiapkan bahan dalam rangka pelayanan urusan administrasi umum, rumah tangga, perpustakaan, kearsipan dan pengelolaan administrasi kepegawaian Dinas;

d.    Merencanakan dan melaksanakan pengadaan barang untuk keperluan rumah tangga  Dinas sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

e.    Membuat laporan rutin tentang peremajaan pegawai, Daftar Urut Kepangkatan (DUK), nominatif pegawai, dan laporan kepegawaian lainnya demi terciptanya tertib administrasi kepegawaian;

f.     Memproses usulan kenaikan pangkat, mutasi, gaji berkala,pendidikan dan pelatihanserta urusan kepegawaian lainnya;

g.    Melaksanakan proses pengajuan tugas belajar;

h.    Menyiapkan rencana kebutuhan secara kualitas maupun kuantitas sesuai dengan standar layanan kesehatan yang ditetapkan;

i.      Melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian  sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

j.       Melaksanakan kerjasama dengan institusi pendidikan perihal penempatan mahasiswa praktek dan siswa magang;

k.    Membuat rekomendasi ijin penelitian dan ijin pendahuluan mahasiswa praktek;

l.      Melaksanakan upaya pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia kesehatan melalui bimbingan teknis dan pelatihan sesuai kebutuhan;

m.   Menyiapkan bahan strategi pemberdayaan  dan pengembangan Sumber Daya Manusia kesehatan;

n.    Melaksanakan penetapan PAK jabatan fungsional tertentu;

o.    Melaksanakan sertifikasi tenaga kesehatan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;

p.    Melaksanakan pemetaan Sumber Daya Kesehatan;

q.    Melaksanakan monitoring dan  evaluasi pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian;

r.     Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian;

s.    Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas;

t.      Melaksanakan tugas  kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

E.  BIDANG KESEHATAN MASYARAKAT

1.   TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Dinas Kesehatan dibidang Kesehatan Masyarakat

2.   FUNGSI :

a.    perumusan kebijakan teknis Bidang Kesehatan Masyarakat

b.    pengoordinasian pelaksanaan  kegiatan Bidang Kesehatan Masyarakat; dan

c.    pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan kegiatan Bidang Kesehatan Masyarakat.

3.   RINCIAN TUGAS :

a.    Menyusun program kerja dan anggaran Bidang Kesehatan Masyarakat;

b.    Merumuskan kebijakan teknis dibidang Kesehatan Keluarga dan Gizi, Pembiayaan dan Pemberdayaan Kesehatan, Promosi dan Informasi Kesehatan;

c.    Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya,  dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

d.    Mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan Bidang Kesehatan Masyarakat;

e.    Menyelenggarakan kegiatan pembinaan, pengelolaan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan kerjasama dibidang Kesehatan Keluarga dan Gizi, Pembiayaan dan Pemberdayaan Kesehatan, Promosi dan Informasi Kesehatan;

f.     Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Bidang Kesehatan Masyarakat;

g.    Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Bidang Kesehatan Masyarakat;

h.    Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

i.      Melaksanakan tugas kedinasan  lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

F.   SEKSI KESEHATAN KELUARGA DAN GIZI

1.   TUGAS POKOK:

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Kesehatan Masyarakat dibidang kesehatan keluarga dan gizi.

2.   RINCIAN TUGAS:

a.    menyusun program kerja dan anggaran Seksi Upaya Kesehatan Keluarga Dan Gizi;

b.    membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

c.    menyiapkan bahan kebijakan teknis bidang Upaya Kesehatan Keluarga dan Gizi;

d.    menyusun data  kesehatan ibu dan anak, pelayanan Keluarga Berencana, pelayanan kesehatan reproduksi, remaja dan wanita usia subur, usia lanjut serta gizi masyarakat;

e.    menyiapkan bahan koordinasi dan / atau kerjasama serta melaksanakan dan memantau upaya percepatan penurunan angka kematian ibu, bayi, balita dan angka gizi buruk;

f.     melaksanakan pembinaan kesehatan ibu dan anak, pelayanan Keluarga Berencana, pelayanan kesehatan reproduksi, remaja dan wanita usia subur, usia lanjut serta gizi masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat;

g.    melaksanakan bimbingan teknis kepada petugas kesehatan di bidang kesehatan ibu dan anak, pelayanan Keluarga Berencana, pelayanan kesehatan reproduksi, remaja dan wanita usia subur, usia lanjut serta pengelolaan gizi masyarakat guna kelancaran pelaksanaan tugas;

h.    melaksanakan monitoring dan  evaluasi kegiatan Seksi Upaya Kesehatan Keluarga Dan Gizi ;

i.      menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Seksi Upaya Kesehatan Keluarga Dan Gizi;

j.        menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

k.       melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

G.  SEKSI PEMBIAYAAN DAN PEMBERDAYAAN KESEHATAN

1.   TUGAS POKOK:

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Kesehatan Masyarakat dibidang pembiayaan dan pemberdayaan kesehatan.

2.   RINCIAN TUGAS :

a.    menyusun program kerja dan anggaran Seksi pembiayaan dan pemberdayaan kesehatan;

b.    membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

c.    menyiapkan bahan kebijakan teknis bidang pembiayaan dan pemberdayaan kesehatan;

d.    menyiapkan bahan strategi pemberdayaan potensi masyarakat dibidang upaya kesehatan bersumber daya masyarakat dan upaya-upaya kesehatan masyarakat;

e.    melaksanakan pembinaan dan pengembangan program Jaminan Kesehatan Masyarakat;

f.     melaksanakan pembinaan  dan kemitraan dengan potensi masyarakat terkait  upaya-upaya kesehatan masyarakat;

g.    merencanakan dan menyiapkan bahan kebijakan, serta mengkoordinasikan dengan instansi terkait  untuk  pembiayaan kesehatan bagi warga miskin;

h.    Melaksanakan penyiapan bahan kemitraan pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan;

i.      melaksanakan monitoring dan evalusi pelaksanaan kegiatan Seksi Pembiayaan dan Pemberdayaan Kesehatan;

j.      menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Seksi Pembiayaan dan Pemberdayaan Kesehatan;

k.    menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

l.      melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

H.  SEKSI PROMOSI DAN INFORMASI KESEHATAN

1.   TUGAS POKOK:

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Kesehatan Masyarakat dibidang promosi dan informasi kesehatan.

2.   RINCIAN TUGAS :

a.    Menyusun program kerja dan anggaran Seksi Promosi dan Informasi Kesehatan;

b.    Membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

c.    Menyiapkan bahan kebijakan teknis bidang promosi dan informasi kesehatan;

d.    Menyiapkan bahan kerja sama dengan pihak media massa untuk melaksanakan program promosi sosial dibidang kesehatan guna penyebarluasan informasi kepada masyarakat;

e.    Melaksanakan kegiatan promosi sosial dibidang kesehatan dengan berbagai cara dan metode sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kesehatan;

f.     Melaksanakan data base kesehatan melalui system informasi manajemen kesehatan yang terintegrasi;

g.    Menyiapkan dan menyusun Profil Kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

h.    Menyiapkan dan menyusun Data Dasar Puskesmas sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

i.      Menyusun Standar Pelayanan Minimal  (SPM) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) sesua ketentuan yang berlaku;

j.      Melaksanakan monitoring dan evalusi pelaksanaan kegiatan Seksi promosi dan informasi kesehatan.

k.    Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Seksi promosi dan informasi kesehatan.

l.      Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

m.   Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

I.     BIDANG PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT

1.   TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas  Dinas Kesehatan dibidang pencegahan dan pengendalian  penyakit.

2.   FUNGSI :

a.    perumusan kebijakan teknis Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit;

b.    pengoordinasian pelaksanaan  kegiatan Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dan;

c.    pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan kegiatan Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

3.   RINCIAN TUGAS:

a.    menyusun program kerja dan anggaran Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit;

b.    merumuskan kebijakan teknis dibidang pencegahan  dan pengendalian penyakit;

c.    membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya,  dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

d.    mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ;

e.    menyelenggarakan kegiatan pembinaan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan kerjasama dibidang pencegahan  dan pengendalian penyakit;

f.     melaksanakan monitoring dan evalusi pelaksanaan kegiatan Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit;

g.    menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ;

h.    menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

i.      melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

J.   SEKSI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR DAN IMUNISASI

1.  TUGAS POKOK

Seksi Pencegahan Penyakit yang dapat Dicegah dengan Imunisasi dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, kriteria dan pemberian bimbingan teknis serta supervisi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan.

                  2.  FUNGSI

a.      Melaksanakan kebijakan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit paru kronik dan gangguan imunologi, jantung dan pembunuh darah, kanker dan kelainan darah, diabetes mellitus dan gangguan metabolik, gangguan indra dan fungsional, serta penyakit menular kekarantinaan kesehatan, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (imunisasi dasar, imunisasi lanjutan, dan khusus),  kesehatan jiwa.

 

b.      Menyiapkan pelaksanaan kegiatan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit paru kronik dan gangguan imunologi, jantung dan pembunuh darah, kanker dan kelainan darah, diabetes mellitus dan gangguan metabolik, gangguan indra dan fungsional, serta penyakit menular kekarantinaan kesehatan, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (imunisasi dasar, imunisasi lanjutan, dan khusus),  kesehatan jiwa.

 

c.      Melaksanakan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit paru kronik dan gangguan imunologi, jantung dan pembunuh darah, kanker dan kelainan darah, diabetes mellitus dan gangguan metabolik,gangguan indra dan fungsional, serta penyakit menular kekarantinaan kesehatan, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (imunisasi dasar, imunisasi lanjutan, dan khusus), kesehatan jiwa.

 

d.      Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit paru kronik dan gangguan imunologi, jantung dan pembunuh darah, kanker dan kelainan darah, diabetes mellitus dan gangguan metabolik,gangguan indra dan fungsional, serta penyakit menular kekarantinaan kesehatan, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (imunisasi dasar, imunisasi lanjutan, dan khusus),  kesehatan jiwa.

 

e.      Melaksanakan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit paru kronik dan gangguan imunologi, jantung dan pembunuh darah, kanker dan kelainan darah, diabetes mellitus dan gangguan metabolik,gangguan indra dan fungsional, serta penyakit menular kekarantinaan kesehatan, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (imunisasi dasar, imunisasi lanjutan, dan khusus), kesehatan jiwa.

 

                    3.  RINCIAN TUGAS

a.    Menyusun program kerja dan anggaran Seksi Pencegahan Penyakit yang dapat Dicegah dengan Imunisasidan Pengendalian Penyakit Tidak Menular.

b.    Membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan.

c.    Melaksanakan dan atau memfasilitasi kebijakan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit paru kronik dan gangguan imunologi, jantung dan pembunuh darah, kanker dan kelainan darah, diabetes mellitus dan gangguan metabolik,gangguan indra dan fungsional, serta penyakit menular kekarantinaan kesehatan, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (imunisasi dasar, imunisasi lanjutan, dan khusus).

d.    Menyiapkan pelaksanaan kegiatan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit paru kronik dan gangguan imunologi, jantung dan pembunuh darah, kanker dan kelainan darah, diabetes mellitus dan gangguan metabolik,gangguan indra dan fungsional, serta penyakit menular kekarantinaan kesehatan, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (imunisasi dasar, imunisasi lanjutan, dan khusus).

e.    Melaksanakan norma, standart, prosedur, dan kriteria di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit paru kronik dan gangguan imunologi, jantung dan pembunuh darah, kanker dan kelainan darah, diabetes mellitus dan gangguan metabolik,gangguan indra dan fungsional, serta penyakit menular kekarantinaan kesehatan, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (imunisasi dasar, imunisasi lanjutan, dan khusus).

f.     Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit paru kronik dan gangguan imunologi, jantung dan pembunuh darah, kanker dan kelainan darah, diabetes mellitus dan gangguan metabolik,gangguan indra dan fungsional, serta penyakit menular kekarantinaan kesehatan, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (imunisasi dasar, imunisasi lanjutan, dan khusus).

g.    Melaksanakan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit paru kronik dan gangguan imunologi, jantung dan pembunuh darah, kanker dan kelainan darah, diabetes mellitus dan gangguan metabolik,gangguan indra dan fungsional, serta penyakit menular kekarantinaan kesehatan, dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (imunisasi dasar, imunisasi lanjutan, dan khusus).

h.     Melaksanakan imunisasi terhadap calon jemaah haji;

i.      Melaksanakan surveilans faktor resiko PTM berbasis FKTP, surveilans faktor resiko PTM berbasis masyarakat (Posbindu).

j.      Pencegahan dan pengendalian kesehatan jiwa.

k.    Menghimpun dan menganalisa data penyakit tidak menular.

l.      Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Seksi Pencegahan Penyakit yang dapat Dicegah dengan Imunisasi dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular.

m.   Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas.

n.    Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

K.  SEKSI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT MENULAR

1.          TUGAS POKOK

Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunannorma, standar, prosedur, kriteria dan pemberian bimbingan teknis serta supervisi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan.

                           2.            FUNGSI

a.        Melaksanakan kebijakan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penyakit tular vektor, penyakit zoonotik (binatang pembawa penyakit), pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung, penyakit infeksi emerging.

b.        Menyiapkan pelaksanaan kegiatan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penyakit tular vektor, penyakit zoonotik (binatang pembawa penyakit), pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung, penyakit infeksi emerging.

c.         Melaksanakan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penyakit tular vektor, penyakit zoonotik (binatang pembawa penyakit), pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung, penyakit infeksi emerging.

d.        Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penyakit tular vektor, penyakit zoonotik (binatang pembawa penyakit), pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung, penyakit infeksi emerging.

e.        Melaksanakan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penyakit tular vektor, penyakit zoonotik (binatang pembawa penyakit), pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung, penyakit infeksi emerging.

3.            RINCIAN TUGAS

a.       Menyusun program kerja dan anggaran Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular.

b.       Membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan.

c.       Melaksanakan dan atau memfasilitasi kebijakan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penyakit tular vektor, penyakit zoonotik (binatang pembawa penyakit), pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung, penyakit infeksi emerging.

d.       Menyiapkan pelaksanaan kegiatan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penyakit tular vektor, penyakit zoonotik (binatang pembawa penyakit), pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung, penyakit infeksi emerging.

e.       Melaksanakan norma, standart, prosedur, dan kriteria di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penyakit tular vektor, penyakit zoonotik (binatang pembawa penyakit), pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung, penyakit infeksi emerging.

f.        Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penyakit tular vektor,                        penyakit zoonotik (binatang pembawa penyakit), pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung, penyakit infeksi                        emerging.

g.       Melaksanakan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular, penyakit tular                    vektor, penyakit zoonotik (binatang pembawa penyakit), pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung, penyakit infeksi            emerging.

h.       Melaksanakan surveilans faktor resiko penyakit menular, penyakit tular vektor, penyakit zoonotik (binatang pembawa penyakit),                  pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung, penyakit infeksi emerging.

i.         Melaksanakan kegiatan kewaspadaan dini, respon kejadian luar biasa dan wabah.

j.         Melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap calon jemaah haji dan pelacakan Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jamaah Haji                 (K3JH).

k.       Menghimpun dan menganalisa data penyakit menular.

l.         Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Seksi Pencegahan Penyakit Menular.

m.      Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas.

n.        Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

L.   SEKSI PENYEHATAN LINGKUNGAN, KESEHATAN KERJA DAN OLAHRAGA

1.   TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dibidang Penyehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga.

2.   RINCIAN TUGAS :

a.    menyusun program kerja dan anggaran Seksi Penyehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga;

b.    membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

c.    menyiapkan bahan kebijakan teknis bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang terkait dengan Penyehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga.

d.    melaksanakan pendataan sarana dan prasarana penyehatan  tempat-tempat umum, tempat pengelolaan makanan dan lingkungan permukiman sebagai bahan acuan pelaksanaan kegiatan sanitasi total berbasis masyarakat.

e.    mengadakan pemantauan dan pengawasan terhadap sarana dan prasarana penyehatan di tempat-tempat umum, tempat pengelolaan makanan dan di lingkungan permukiman sebagai upaya memudahkan masyarakat untuk menikmati fasilitas penyehatan umum;

f.     melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang arti penting penyehatan lingkungan permukiman, tempat pengelolaan makanan dan di tempat-tempat umum sebagai upaya pencegahan penyakit;

g.    melaksanakan pengawasan terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki oleh kesehatan institusi sesuai  sesuai standart yang telah ditentukan;

h.    melaksanakan pemantauan usaha kesehatan di institusi pendidikan dari jenjang TK sampai perguruan tinggi guna diketahui tingkat  perkembangannya;

i.      memberikan  perizinan Laik Kesehatan bagi tempat-tempat umum dan industri;

j.      Melaksanakan dan mengkoordinasikan test kebugaran untuk seluruh karyawan lingkup Dinas Kesehatan;

k.    Memfasilitasi kegiatan test kebugaran Calon Haji yang dilaksanakan di Puskesmas masing-masing;

l.      Melaksanakan pendataan kelompok senam yang ada di Kabupaten Semarang melalui Puskesmas masing-masing;

m.   Melaporkan hasil pendataan dan hasil kegiatan kelompok/sanggar senam yang ada ke Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah;

n.    Melaksanakan pembinaan kelompok kerja formal dan informal;

o.    Melaksanakan koordinasi dengan lintas sektor dan lintas program mengenai kesehatan kerja;

j.      melaksanakan monitoring dan  evaluasi kegiatan Seksi Penyehatan Lingungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga ;

k.    menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Seksi Penyehatan Lingungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga;

l.      menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

m.   melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

M. BIDANG PELAYANAN KESEHATAN

                    1.    TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Dinas Kesehatan dibidang pelayanan  kesehatan

2.   FUNGSI :

a.    Perumusan kebijakan teknis Bidang Pelayanan Kesehatan Tingkat Primer dan Tingkat Lanjutan, Bidang Sarana Prasarana  Kesehatan, dan Bidang Farmasi Pengawasan Obat, Makanan dan Minuman;

b.    Pengoordinasian pelaksanaan  kegiatan dibidang Pelayanan Kesehatan Tingkat Primer dan Tingkat Lanjutan, bidang Sarana Prasarana , dan Bidang Farmasi Pengawasan Obat, Makanan dan Minuman;

c.    Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan kegiatan Pelayanan Kesehatan Tingkat Primer dan Tingkat Lanjutan, Bidang Sarana Prasarana Kesehatan, dan Bidang Farmasi Pengawasan Obat, Makanan dan Minuman;

3.    RINCIAN TUGAS :

a.  Menyusun program kerja dan anggaran bidang pelayanan  kesehatan

b.  Merumuskan kebijakan teknis bidang pelayanan  kesehatan;

c.   Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya,  dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

d.  Mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan Bidang pelayanan  kesehatan;

e.  Menyelenggarakan kegiatan pembinaan, pengelolaan, pengawasan, pengendalian, evaluasi dan kerjasama pelayanan  kesehatan;

f.    Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Bidang pelayanan  kesehatan;

g.  Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan Bidang pelayanan  kesehatan;

h.  Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

i.    Melaksanakan tugas kedinasan  lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

N.  SEKSI PELAYANAN KESEHATAN DASAR DAN RUJUKAN

1.    TUGAS POKOK :

            Melaksanakan sebagian tugas Bidang Pelayanan  Kesehatan dibidang pelayanan kesehatan dasar dan rujukan.

2.    RINCIAN TUGAS:

a.      Menyusun program kerja dan anggaran dibidang pelayanan kesehatan dasar dan rujukan;

b.      Membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

c.Menyiapkan bahan kebijakan teknis dibidang pelayanan kesehatan dasar dan rujukan;

d.      Melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap pelayanan kesehatan dasar dan rujukan;

e.      Melaksanakan registrasi dan akreditasi terhadap pelayanan kesehatan dasar dan rujukan sesuai peraturan perundang-undangan;

f.       Memberikan rekomendasi perizinan sarana kesehatan tertentu yang diberikan oleh Pemerintah dan Provinsi;

g.     Memberikan rekomendasi perizinan sarana kesehatan meliputi Rumah Sakit Pemerintah Kelas C, Kelas D, Rumah Sakit Swasta yang setara, klinik;

h.     Memberikan perizinan Laboratorium Klinik dan Optik;

i.      Melaksanakan monitoring dan  evaluasi kegiatan terhadap pelayanan kesehatan dasar dan rujukan;

j.       Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan terhadap pelayanan kesehatan dasar dan rujukan;

k.      Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas;  dan

l.      Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

O.  SEKSI SARANA PRASARANA KESEHATAN

1.    TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Bidang Pelayanan  Kesehatan diseksi sarana prasarana  kesehatan.

2.    RINCIAN TUGAS:

a.     Menyusun program kerja dan anggaran seksi sarana prasarana  kesehatan;

b.     Membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

c.      Menyiapkan bahan kebijakan teknis Bidang Pelayanan  Kesehatan;

d.     Melaksanakan sertifikasi alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) kelas I;

e.     Memberikan rekomendasi perizinan Pedagang Besar Alat Kesehatan (PBAK);

f.       Mengumpulkan dan menganalisis data perencanaan, pengadaan, penerimaan,  dan distribusi perbekalan di Puskesmas dan Laboratorium Kesehatan Daerah;

g.     melaksanakan pengelolaan meliputi pengadaan, pemeliharaan, pendistribusian perbekalan kesehatan;

h.     melaksanakan perencanaan dan pengadaan kebutuhan sarana, prasarana kesehatan di lingkungan Dinas;

i.       Melaksanakan monitoring dan evalusi pelaksanaan kegiatan seksi sarana dan prasarana  kesehatan;

j.       Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan seksi sarana dan prasarana  kesehatan;

k.      Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

l.       Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

P.           SEKSI FARMASI, PENGAWASAN OBAT, MAKANAN DAN MINUMAN.

1.    TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Pelayanan  Kesehatan Kesehatan dibidang farmasi, pengawasan obat, makanan dan minuman

2.    RINCIAN TUGAS         

a.    Menyusun program kerja dan anggaran Seksi Farmasi, Pengawasan Obat, Makanan Dan Minuman;

b.    Membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

c.    Menyiapkan bahan kebijakan teknis bidang Farmasi, Pengawasan Obat, Makanan dan Minuman;

d.    Melaksanakan pembinaan dan pengawasan distribusi obat;

e.    Melaksanakan pembinaan serta pengawasan kepada industri rumah tangga pangan (IRTP);

f.     Melaksanakan sertifikasi industri rumah tangga pangan (IRTP);

g.    Melaksanakan pembinaan pengelolaan perbekalan farmasi di Puskesmas dan Laboratorium Kesehatan Daerah;

h.    Melaksanakan pengelolaan perbekalan farmasi;

i.      Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Seksi Farmasi, Pengawasan obat, Makanan dan Minuman;

j.      Menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan  kegiatan Seksi Farmasi, Pengawasan obat Makanan dan Minuman;

k.    Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas lain;

l.      Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Q.  KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT ( PUSKESMAS )

1.   TUGAS POKOK:

Melaksanakan sebagian tugas  Dinas Kesehatan dibidang penyelenggaraan   pelayanan  kesehatan dasar masyarakat.

2.   RINCIAN TUGAS :

a.    menyusun program kerja dan anggaran UPTD Puskesmas;

b.    membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

c.    menyelenggarakan ketatausahaan UPTD Puskesmas ;

d.    mengoordinasikan pelayanan poliklinik di UPTD Puskesmas ; 

e.    melaksanakan pelayanan kesehatan perorangan berupa pelayanan yang bersifat dasar dengan tujuan untuk menyembuhkan penyakit dan pemulihan kesehatan melalui rawat jalan dan rawat inap bagi UPTD Puskesmas yang menyelenggarakan  rawat inap;

f.     melaksanakan kegiatan operasional pelayanan kesehatan dibidang pencegahan dan pemberantasan penyakit, penyehatan lingkungan, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat serta pelayanan kesehatan UPTD Puskesmas;

g.    mengusulkan rencana pembangunan dan rehabilitasi gedung UPTD Puskesmas;

h.    melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan UPTD Puskesmas;

i.      menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan UPTD Puskesmas;

j.      menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

k.    melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

R.  SUBBAGIAN TATA USAHA UPTD PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT ( PUSKESMAS )

1.   TUGAS POKOK :

Melaksanakan sebagian tugas UPTD Puskesmas dibidang penyusunan perencanaan, pengelolaan administrasi keuangan, administrasi umum dan administrasi kepegawaian.

2.   RINCIAN TUGAS :

a.    menyusun program kerja dan anggaran Subbagian Tata Usaha UPTD Puskesmas ;

b.   menyiapkan bahan penyusunan program kerja dan anggaran UPTD Puskesmas;

c.    membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

d.   melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga UPTD Puskesmas ;

e.   menyusun usulan rencana pembangunan dan rehabilitasi gedung UPTD Puskesmas;

f.     melaksanakan kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana UPTD Puskesmas;

g.   mendata, mengolah dan menyajikan data kegiatan UPTD Puskesmas;

h.   menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan UPTD Puskesmas;

i.     melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Subbagian Tata Usaha UPTD Puskesmas;

j.     menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

k.    melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

S.   UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS LABORATORIUM KESEHATAN  DAERAH

1.   TUGAS POKOK:

Melaksanakan sebagian tugas Dinas Kesehatan dalam penyelenggaraan pelayanan penunjang (laboratorium) dibidang penyehatan lingkungan, makanan/ minuman,  dan pemeriksaan laboratorium klinis.

2.   RINCIAN TUGAS :

a.    menyusun program kerja dan anggaran UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah;

b.    membagi tugas kepada bawahan dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan;

c.    melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah;

d.    mengoordinasikan kegiatan pemeriksaan yang dilaksanakan oleh pejabat fungsional yang ada di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah;

e.    memberikan layanan pemeriksaan air dan badan air dengan menggunakan metode dan peralatan yang tersedia untuk meningkatkan kualitas air dan badan air;

f.     melaksanakan pemeriksaan laboratorium klinis untuk umum/ masyarakat;

g.    memberikan layanan pemeriksaan makanan dan minuman yang diperdagangkan untuk mengurangi tingkat resiko pada saat dikonsumsi masyarakat;

h.    melaksanakan sosialisasi bersama dengan Bidang terkait dalam upaya peningkatan kualitas air, badan air, makanan, dan minuman;

i.      melaksanakan pendokumentasian dan pengarsipan hasil pemeriksaan untuk dijadikan bahan informasi bagi pihak-pihak yang membutuhkan;

j.      menyusun kebutuhan sarana penyelenggaraan UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah;

k.    melaksanakan kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah;

l.      melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah;

m.   menyusun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah;

n.    menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan

o.    melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

T.   UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PUSAT KESEHATAN RUJUKAN    ( RSUD)

Visited

236462
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
871
1621
2492
225731
30364
39319
236462

Your IP: 54.80.211.135
2017-10-23 19:02

LINK

 

© 2017 Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang